Jumat, 20 Mei 2016

Cara mengobati kolesterol dengan tempe

Cara mengobati kolesterol dengan tempe

Cara mengobati kolesterol dengan tempe, Siapa yang tak kenal tempe? Menu satu ini jadi alternatif lauk murah namun bergizi tinggi. Olahan dari kacang kedelai ini memang terkenal akan nutrisinya yang kaya. Terlebih harganya relatif murah dan gampang diolah beragam cara.

Untuk makan pagi, tempe bisa jadi pilihan lauk yang bergizi tinggi. Lihat saja nutrisinya, per 100 gram tempe mentah mengandung 201 kkal energi, 20.8 gram protein, 13.5 gram karbohidrat, juga 155 mg kalsium serta 324 mg fosfor.

Kabar baiknya, tempe bisa menurunkan kadar kolesterol hingga 30%. Bahkan konsumsi rutin tempe bisa menurunkan kolesterol jahat hingga 35%. Sebaliknya, konsumsi kedelai mampu tingkatkan kadar kolesterol baik atau HDL dalam tubuh.

Sementara itu, situs WHFoods mengungkap manfaat lain dari tempe. tempe mampu menstabilkan gula darah dan baik untuk penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2. Protein dalam tempe bisa menggantikan protein yang dihasilkan dari protein daging. Protein dan serat di dalamnya membantu cegah naiknya tingkat gula darah dan membuatnya tetap dalam angka yang normal.

Tempe juga mengandung isoflavone di dalamnya. Isoflavone sangat berguna untuk menurunkan resiko osteoporosis, menangkal radikal bebas yang sebabkan kanker, juga menurunkan resiko terkena penyakit jantung.

Untuk mengolahnya, Anda perlu lebih cermat. Pasalnya tempe yang diolah dengan cara digoreng bisa meningkatkan jumlah lemak. Seperti dimuat dalam tabel nutrisi PERGIZI tahun 2009, tiap 100 gram tempe yang digoreng mengandung 26,6 gram lemak, melonjak naik dari tempe mentah yang hanya memiliki 8.8 gram lemak.


Baca juga:

 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar