Penyebab dan Gejala Penyakit Batu Ginjal

advertise here
Penyebab dan Gejala Penyakit Batu Ginjal

Penyebab dan Gejala Penyakit Batu Ginjal. Batu ginjal (renal lithiasis) adalah endapan kecil, keras yang terbentuk di dalam ginjal. Batu ginjal tersebut terbuat dari mineral dan garam asam. Batu ginjal juga dapat diartikan sebagai salah satu fenomena penyakit ginjal yang unik dimana terdapat batu pada ginjal akibat penumpukan kristal atau molekul yang tidak terbuang di ginjal, dan jika semakin lama akan membuat batu berkembang menjadi besar. Batu ginjal tidak selalu menyakitkan dan kadang-kadang ditemukan setelah sinar-X atau pemeriksaan USG. Batu ginjal biasanya terjadi pada pria sebelumnya sehat antara 30-50 tahun. Laki-laki memiliki resiko lebih besar dibanding perempuan dengan rasio 4:1.

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal dapat disebabkan oleh adanya pengurangan atau kurangnya volume pada urine atau kelebihan unsur senyawa yang membentuk batu dalam kemih atapun saluran urine. Kurangnya cairan dalam tubuh dapat disebabkan kurangnya mengkonsumsi air putih mineral, sehingga mempercepat pembentukan batu ginjal.
  1. Penyebab timbulnya batu ginjal diketahui memiliki riwayat penyakit sebelumnya seperti penyakit gout atau asam urat yang disebabkan oleh adanya jumlah yang meningkat pada kadar asam urat dalam urine sehingga mempermudah dalam pembentukan batu-batu asam urat.Hypercalciuria (kadar kalsium yang tinggi dalam urine) disebabkan karena banyaknya kalsium yang diserap dari berbagai sumber makanan yang masuk kedalam urine dan membentuk batu-batu kalsium fosfat atau kalsium oksalat
  2. Hyperarathyroridism adalah penyakit ginjal seperti renal tubular acidosis dan penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) juga sangat memicu dalam pengembangan batu ginjal
  3. Seseorang yang memiliki penyakir peradangan usus besar atau yang pernah mengalami operasi ostomy
  4. Efek dari mengkonsumsi obat-obatan kimia secara terus menerus
  5. Jenis obat-obatan yang memiliki resiko pada batu ginjal seperti diuretics, antacid yang mengandung kalsium, dan protease inhibitor Crixivan (indinavir), obat yang digunakan untuk merawat infeksi HIV.

Gejala Penyakit Batu Ginjal

Mungkin ini tanda dan gejala yang akan terjadi, diantanya :

  1. Nyeri hebat pada pinggang dan punggung, dibawah tulang rusuk
  2. Nyeri yang menyebar dibawah perut dan paha
  3. Nyeri yang berfluktuasi
  4. Nyeri disaat buang air kecil
  5. Urin akan berubah menjadi merah jambu, merah, atau coklat
  6. Mual dan muntah
  7. Urine yang keruh atau berbau busuk
  8. Ingin buang air kecil yang menetap
  9. Lebih sering buang air kecil dari biasanya
  10. Demam dan menggigil bila ada infeksi
Bagi anda yang mempunyai gejala batu ginjal seperti diatas atau mengidap penyakit tersebut, segeralah lakukan penanganan pengobatan batu ginjal secara alami.

Demikian sedikit informasi mengenai Penyebab dan Gejala Penyakit Batu Ginjal, semoga bermanfaat.

Click to comment